^ Ke Atas
 
HEADLINE:
2013-12-13 16:13:16 - Dosen JTO UNP Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat di Solok Selatan <0> 2014-05-13 16:31:59 - Kemajuan SMKN 1 Solsel <0> 2014-05-17 16:43:44 - 63.500 Ha Hutan Solsel jadi Hutan Nagari <0> 2014-05-17 16:47:22 - Antisipasi Letusan Gunung Kerinci, Solsel Perlu Jalur Evakuasi <0> 2014-06-07 14:03:08 - Siswa Multimedia di terima di SNMPTN <0>
 

BERITA FOTO

Anda berada di: Depan > Antisipasi Letusan Gunung Kerinci Solsel Perlu Jalur Evakuasi
Antisipasi Letusan Gunung Kerinci, Solsel Perlu Jalur Evakuasi
Diposting pada: 2014-05-17 16:47:22 | Hits : 1368 | Kategori: Umum
 

Padangaro, Sesuai peta geologi, Gunung Kerinci berpotensi erupsi dan gempa bumi. Untuk mitigasi bencana, Pemkab Solok Selatan (Solsel) perlu menyiapkan jalur evakuasi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solsel, Hamudis menjelaskan, Solsel perlu mengupayakan penangganan bencana sejak dini.

Meski kawasan pusat ibu kota Solsel, tidak masuk jalur zona merah maupun kuning, tetapi perlu ada pembekalan dampak kemungkinan bencana.

Sebab, bila terjadi letusan gunung, maka abu vulkanik dapat menutup hampir di setiap titik kawasan pemukiman warga di Solsel, termasuk Padangaro dan Muaralabuh.

“Saat ini Gunung Kerinci memang masih dalam status waspada dilevel dua. Namun kita perlu menyiapkan peta evakuasi, infrastrukur, jalur, rambu-rambu, titik kawasan, jalan evakuasi, posko sementara dan posko penampung. Sebab, bencana itu bisa terjadi kapan saja,” terangnya, kemarin (30/3).

Menurutnya, kesiapsiagaan itu penting karena tanggap darurat bencana merupakan wadah penyelamatan warga dalam menghindari dampak risiko bencana.

Soal titik darurat bencana, kawasan Gunung Bontak masih di titik zona kuning begitupun Golden Arm di lokasi kantor DPRD Solsel.

Hal tersebut berdasarkan peta geologi yang mencatut wilayah Solsel tidak berada dekat dengan zona merah. Erupsi gunung atau larva bakal mengalir ke kelembah dan sungai, yaitu sungai Batang Sangir, Batang Blangir dan Batang liki.

Namun, bila terjadi semburan abu, maka tiga kecamatan di kawasan Solsel bisa tertutup. Yakni Kecamatan Sangir, Pauhduo dan Sungaipagu.

“Soal letusan akan dipengaruhi kekuatan angin dan tergantung letusan dan kedalamannya. Maka kita butuh jalur evakuasi, menyikapi gempa dan erupsi gunung. BPBD sudah mengusulkan anggaran dan tengah menunggu realisasinya,” tambahnya.

Sumber: Padang Ekspres

 

Posting Lainnya:

« Kembali

MUTIARA HADIST
Hari Gini! Masih Menunda-nunda :
Jika Kamu Berada Di Sore Hari, Jgn Kau Tunggu Pagi Hari. Dan Jika Kau Berada Di Pagi Hari, Janganlah Menunggu Sore Hari. Ambillah Persiapan Saat Engkau Sehat Utk Menghadapi Masa Sakitmu Dan Saat Hidupmu Utk Sesudah Kematianmu