^ Ke Atas
 
HEADLINE:
2013-12-13 16:13:16 - Dosen JTO UNP Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat di Solok Selatan <0> 2014-05-13 16:31:59 - Kemajuan SMKN 1 Solsel <0> 2014-05-17 16:43:44 - 63.500 Ha Hutan Solsel jadi Hutan Nagari <0> 2014-05-17 16:47:22 - Antisipasi Letusan Gunung Kerinci, Solsel Perlu Jalur Evakuasi <0> 2014-06-07 14:03:08 - Siswa Multimedia di terima di SNMPTN <0>
 

BERITA FOTO

Anda berada di: Depan > Sejarah Awal Terbentuknya Internet
Sejarah Awal Terbentuknya Internet
Diposting pada: 2014-06-09 16:27:21 | Hits : 2570 | Kategori: Teknologi Informasi
 

Hai..!  Tahukah kamu apakah yang dimaksud dengan Internet itu?

Internet merupakan akronim dari intercinnection-networking.

Internet adalah jaringan komputer yang tersebar di seluruh dunia dihubungkan dengan menggunakan standar sistem global TCP/IP suite (Transmission Control Protocol/Intrnet Protocol).  TPC/IP suite berfungsi  sebagai  protokol  pertukaran paket (packet switching communication protocol) dan bertujuan untuk melayani  miliaran pengguna (User) di seluruh dunia.

 

Tahukah kamu bagaimana awalnya Internet itu ada?

Pada tahun 1969 Departemen Pertahanan Amerika Serikat membentuk jaringan komputer (Internet) melalui proyek yang diberi nama ARPANET (Advanced Research Project Agency Network). Melalui proyek inilah mereka meneliti bagaimana dan sampai dimana pengaruh hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, dapat melalukan komunikasi jarak yang sangat jauh melalui saluran telepon. Proyek ARPANET tersebut merancang jaringan internet untuk menguji kehandalan dan seberapa besar informasi dapat dipindahkan. Aturan atau kaidah yang ditentukan dalam jaringan tersebut inilah yang menjadi cikal bakal pembangunan protokol yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP.

Pada awalnya pembangunan proyek ini masih bersifat rahasia yaitu hanya untuk keperluan militer, terutama untuk menghindari terjadinya informasi yang terpusat. Dengan sistem jaringan seperti ini informasi dapat tersebar ke berbagai tempat dengan mudah dan cepat. Sehingga jika terjadi perang nuklir informasi penting dan tempat-tempat vital tidak mudah dihancurkan.

Pada mulanya tahun 1969 ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah. Kemudian 3 (tiga) tahun berikutnya tepatnya bulan Oktober tahun 1972, proyek ARPANET mulai diperkenalkan ke publik. Sehingga tak lama kemudian proyek ini dikenal dan berkembang dengan pesat di seluruh daerah, termasuk seluruh universitas yang berada di Amerika Serikat ingin bergabung dengan proyek ini.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan itu akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Nah sampai sini dulu, jika you ingin info lebih lengkap silahkan kunjungi situs dibawah ini.

Sumber :  http://id.wikipedia.org/wiki/Internet

 

Posting Lainnya:

KOMENTAR

« Kembali

MUTIARA HADIST
Jangan Pernah Berbakhil, Saudaraku! :
Rasulullah Saw. Bersabda :Perumpamaan Orang Yang Pemurah Dan Orang Yang Bersedekah Seperti Seorang Lelaki Yang Memakai Dua Helai Jubah Atau Dua Helai Baju Besi Dari Dadanya Hingga Keatas. Apabila Orang Yang Berbelanja (Dalam Riwayat Lain: Apabila Orang Yang Bersedekah) Ingin Memberi Sedekah, Maka Baju Itu Longgar Buatnya; Dan Apabila Orang Bakhil Ingin Bersedekah, Maka Baju Itu Menjadi Rimas Dan Panas Sehingga Menutupi Jari-jarinya Serta Menghapus Jejaknya. Abu Hurairah Berkata : Orang Yang Bakhil Ingin Melonggarkan Pakaiannya Tetapi Dia Tidak Mampu Melonggarkannya.