^ Ke Atas
 
HEADLINE:
2013-12-13 16:13:16 - Dosen JTO UNP Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat di Solok Selatan <0> 2014-05-13 16:31:59 - Kemajuan SMKN 1 Solsel <0> 2014-05-17 16:43:44 - 63.500 Ha Hutan Solsel jadi Hutan Nagari <0> 2014-05-17 16:47:22 - Antisipasi Letusan Gunung Kerinci, Solsel Perlu Jalur Evakuasi <0> 2014-06-07 14:03:08 - Siswa Multimedia di terima di SNMPTN <0>
 

BERITA FOTO

Anda berada di: Depan > Kemendikbud Nonton Bareng Film Inspirasi Di Solok Selatan
Kemendikbud Nonton Bareng Film Inspirasi Di Solok Selatan
Diposting pada: 2015-06-10 18:14:15 | Hits : 606 | Kategori: SMKN 1 Solsel
 
Direktorat Jendral Sejarah dan Nilai Budaya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menggelar nonton bareng film inspirasi dengan ribuan siswa sekolah dasar dan para guru di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, Rabu. Direktur Sejarah dan Nilai Kebudayaan Kemendikbud, Endjat Djaenuderadjat di Padang Aro, Rabu, mengatakan, pemutaran film inspiratif dengan judul "Tabula Rasa" akan diputar dua kali, pertama untuk para guru dan kedua bagi murid sekolah dasar (SD). Dia mengatakan, film yang diputar oleh Kementerian ini bukan yang biasa, tetapi setelah melalui seleksi yang panjang oleh para ahli untuk menanamkan nilai budaya dan sejarah kepada masyarakat, terutama generasi penerus bangsa. Film yang diputar dan penuh inspirasi ini katanya, diseleksi oleh para ahli seperti antropologi, budaya dan sejarah. "Film yang masuk ke Kementerian lebih dari 100 buah, setelah melewati tahap seleksi oleh beberapa ahli maka dipilih 20 film untuk diputar di Indonesia dan salah satunya di Solok Selatan," katanya. Dikatakannya, setiap rumah pasti memiliki televisi maupun DVD, akan tetapi jika menonton secara bersama-sama akan beda dan lebih fokus karena tidak diganggu iklan maupun pekerjaan rumah yang menumpuk. Dia mengimbau, bagi para orang tua supaya megawasi tontonan anak-anak karena itu bisa mempengaruhi tingkah lakunya dalam kehidupan sehari-hari. Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Solok Selatan, Khairunas mengatakan, pemutaran film bernilai budaya maupun sejarah sudah lama tidak ada di berbagai daerah maupun di kabupaten itu. Dengan adanya pemutaran film penuh inspirasi dan mengandung nilai budaya oleh kementerian katanya, diharapkan bisa memberikan pengetahuan dan bisa mengingatkan kepada para tokoh Indonesia yang telah berjuang sejak dulu. "Sudah lama pemutaran film yang bernilai sejarah dan budaya tidak diputar dan ditonton secara bersama-sama, dengan adanya gagasan dari Kemendikbud ini diharapkan ke depan bisa menjadi inspirasi bagi daerah untuk memulai kembali," katanya. Penanaman nilai budaya sejak dini kepada generasi penerus bangsa kata dia, juga untuk mempersiapkan generasi masa depan yang lebih baik. Pemutaran film yang mengisahkan tentang kebudayaan Minang dan Papua dan mengandung nilai budaya serta sosial ini dihadiri setidaknya 1.300 orang siswa dan guru serta usai pemutaran juga dilakukan pembedahan film oleh sutradara dan penulis skenario. sumber: antara Sumbar.

 

Posting Lainnya:

« Kembali

MUTIARA HADIST
Hebatnya Shalat 5 Waktu :
Dari Abu Hurairah R.a. Berkata: Saya Telah Mendengar Rasulullah Saw Bersabda, Bagaimanakah Pendapatmu Seumpama Ada Sebuah Sungai Di Muka Pintu Salah Seorang Dari Kamu, Lalu Ia Mandi Daripadanya Setiap Hari Lima Kali, Apakah Masih Ada Tertinggal Kotorannya?" Para Sahabat Menjawab, "Tidak." Nabi Saw Bersabda, "Maka Demikianlah Shalat Lima Waktu, Allah Akan Menghapuskan Dosa-dosa Dengannya."